Jangan Sampai Salah Pilih!!! - Jenis Jenis windows

17:26


Hai, MidTechlogeeks!
Di jaman sekarang, operating system atau sistem operasi windows merupakan operating system yang paling banyak digunakan dalam komputer dan laptop. Namun, tak semua komputer dan laptop terinstall dengan operation sistem windows yang asli atau yang biasa disebut windows bajakan. Dalam artikel ini, mari kita bahas beberapa jenis operation system windows dan kelebihan serta kekurangannya, langsung saja kita mulai.






Yang pertama adalah lisensi Windows Full Package Product. Windows jenis ini bisa didapatkan di website resmi microsoft dan toko offline microsoft. Kelebihan windows jenis ini adalah kita dapat sebuah package yang berisikan CD untuk menginstall windowsnya, key license untuk mengaktifkan windowsnya, dan full support dari microsoft bila ada masalah terkait virus dan windowsnya. Untuk windows jenis ini bersifat personal, sehingga bila ingin memindah windows ini ke komputer atau laptop lain, kalian tinggal menonaktifkan windows di komputer atau laptop lama kalian dan memasukkan lagi key license ke komputer atau laptop yang lainnya, karena key dalam windows ini hanya dapat dipakai untuk 1 perangkat saja. Kekurangannya adalah sulit mencari bila di toko offline dan pastinya, harganya SANGAT MAHAL, yang berkisar di angka 1,8 juta-2 juta rupiah.

Yang kedua adalah lisensi Windows OEM. OEM merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacture. Windows jenis ini dikeluarkan oleh microsoft, namun dalam penjualannya, biasanya di bundle menjadi satu paket dengan komputer atau laptop. Kelebihan windows jenis ini adalah lebih murah daripada windows jenis FPP. Kekurangan windows ini adalah windows jenis ini tertanam di dalam motherboard sehingga tidak dapat dipindahkan ke komputer atau laptop lain dan bila ada masalah, pihak microsoft tidak akan memberikan support, melainkan harus ke vendor pembuat laptop tersebut untuk mendapatkan support.

Yang ketiga adalah lisensi Windows Volume License. Windows jenis ini biasanya dipakai perusahaan atau kantor karena windows jenis ini tidak dapat dibeli dalam jumlah sedikit dan harus banyak. Harga windows ini lebih murah dari windows personal.

Yang terakhir adalah Windows jenis KMSpico. Windows jenis ini merupakan windows bajakan yang biasanya dipakai banyak orang. Kekurangan dari windows jenis ini sangat banyak, mulai dari software yang tidak bisa diupdate sampai mudahnya virus yang masuk. Windows jenis ini dapat didownload gratis, namun resiko yang diakibatkan bisa sangat fatal.

Bagaimana MidTechlogeeks? Masih mau pakai windows bajakan?
Lebih baik kita menggunakan produk yang original saja. Bahkan sampai saat ini, windows 10 masih bisa dipakai, walaupun masa trial sudah habis. Jadi lebih baik belilah windows yang original daripada memakai windows bajakan.

Jangan lupa untuk selalu cek website MidTechlogy untuk mendapatkan informasi terbaru tentang teknologi dan tunggu update selanjutnya dari kami. Salam, MidTechlogeeks.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Tidak ada komentar